Detail Artikel

5 Cara Praktis Jalani Hidup Sehat
21 Juni 2019 - 13:17:03 WIB

5 Cara Praktis Jalani Hidup Sehat

 

Sebagian orang paham betul jika gaya hidup sehat itu harus mengkonsumsi makanan dan minuman sehat yang seimbang. Ditambah lagi dengan melakukan olahraga secara rutin minimal seminggu sekali. Selain itu, istirahat yang cukup minimal 8 jam sehari juga sangat perlu dilakukan.

Tak mengherankan bila hal tersebut menjadi rutinitas yang melelahkan fisik dan pikiran, terlebih ketika waktu banyak tersita untuk urusan pekerjaan yang kadang tak menentu. Misalnya saja, seharusnya waktu weekend digunakan untuk fokus berolahraga tapi karena meeting bersama klien, maka mau tidak mau waktu harus dibagi.

Sebenarnya, menjalani hidup sehat itu tak serumit yang kebanyakan orang bayangkan dan tak menyiksa seperti kebanyakan orang rasakan. Hidup sehat sangat mudah dijalani kalau seseorang menjalaninya dengan penuh kesadaran diri sendiri.

Agar tak terjebak pola hidup sehat yang terasa kaku atau kurang fleksibel dengan kegiatan yang padat, ada cara praktis yang bisa dilakukan untuk mempermudah Anda menjalani pola hidup sehat sebagai berikut:

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

 

 

1. Jangan Lupa Sarapan

oatmeal

Sarapan di pagi hari sebelum mulai beraktivitas menjadi bagian terpenting dalam menjalani pola hidup sehat. Dengan sarapan bisa memberikan energi yang cukup untuk mendukung kinerja di waktu pagi, sehingga bisa mendapatkan hasil kerja yang maksimal. Tetapi terkadang karena terlalu sibuk dengan pekerjaan, sarapan pagi justru terlewatkan begitu saja. Yang pada akhirnya bisa berdampak buruk terhadap kesehatan.

Cobalah mulai dari sekarang biasakan diri untuk sarapan terlebih dahulu. Agar pola hidup sehat lebih mudah dijalani, tak ada salahnya ganti menu sarapan yang biasanya nasi beserta lauk pauk dengan makanan yang mudah dibuat. Misalnya smoothie, sereal atau oatmeal, roti isi selai dan sebagainya.

Dengan begitu, Anda bisa menghemat waktu, sehingga menyiapkan perlengkapan kantor masih bisa dilakukan. Nah, supaya tak menyita waktu saat membuat sarapan, tak ada salahnya siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan pada malam hari sebelum tidur.

 

2. Luangkan Waktu Istirahat

Selain pola makan yang teratur, gaya hidup sehat juga harus didukung dengan pola istirahat yang cukup. Namun saat dikejar deadline, sudah pasti waktu tidur mau tidak mau harus dikorbankan demi bisa menyelesaikan sebuah pekerjaan. Padahal esok hari masih banyak pekerjaan yang menunggu diselesaikan sehingga kinerja jadi kurang maksimal.

Bila rutinitas yang buruk dilakukan secara terus menerus, sudah pasti kesehatan akan terganggu bahkan bisa saja memicu stres. Mulailah perbaiki jam kerja dengan baik. Tak ada salahnya buat jadwal secara rinci menyoal tugas-tugas kantor yang harus dikerjakan. Setelah itu, fokuslah pada pengerjaannya dan terapkan dengan disiplin.

Kegiatan yang teratur tersebut akan memberikan dampak baik untuk Anda, mulai kerjaan kantor selesai tepat pada waktunya dan waktu istirahatakan tetap terjaga dengan baik.

 

3. Sempatkan Waktu Olahraga

olahraga

Setelah cukup istirahat selanjutnya jangan lupa berolahraga. Tapi kadang-kadang kesibukan kerja menjadi alasan untuk tak berolahraga karena kelelahan. Tak perlu harus meluangkan waktu ke tempat gym atau pusat kebugaran lainnya, sebab Anda dapat melakukannya di lingkungan rumah.

Anda bisa melakukan squats, sit up atau bahkan lari-lari kecil di lingkungan rumah selama 10 sampai 15 menit di pagi atau sore hari. Bila Anda rutin melakukannya, tubuh sehat dan bugar akan selalu jadi milik Anda dan pastinya tanpa menyita waktu kerja.

 

4. Makan Camilan Sehat

Anda suka ngemil tiap hari? Coba ubah camilan yang biasanya mengandung kalori, MSG dan bahan pengawet lainnya dengan camilan yang lebih sehat misalnya buah-buahan segar. Cara ini lebih sehat untuk memenuhi keinginan untuk ngemil dan sudah pasti tak akan membuat badan bertambah gemuk.

Selain itu, buah-buahan segar juga sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan cairan dan vitamin lainnya. Jadi Anda bisa ngemil sesuka hati tanpa ada rasa khawatir berat bertambah.

 

5. Relaksasi

relax

Sedang stres karena tekanan pekerjaan atau bahkan atasan? Jangan buru-buru emosi, coba cari solusi agar jiwa dan raga bisa lebih tenang. Lakukanlah relaksasi dengan cara yang mudah, yaitu mengatur napas dengan baik, seperti tarik napas dalam-dalam, tahan sebentar lalu hembuskan perlahan dan ulangi beberapa kali selama 2-4 menit. Cara ini cukup efektif untuk mendapatkan ketenangan ketika stres melanda.

 

Hidup Sehat Dimulai dari Hal Kecil

Menjalani pola hidup sehat memang bukan perkara yang gampang, terlebih lagi jika kesibukan kerja menjadi kendalanya hingga kesehatan menjadi kacau. Awali dengan perubahan kecil dan lakukan secara bertahap. Karena yang mahal bukanlah hidup sehat tetapi biaya yang harus dikeluarkan kalau sudah jatuh sakit. Maka jaga kesehatan mulai dari sekarang dan hal-hal kecil dulu.

Sumber : www.cermati.com.


© 2024 MBGSyariah.com. All rights reserved | Design by W3layouts